Wednesday, November 9, 2011

Mengapa satelit komunikasi yang disalahgunakan dapat mengganggu hubungan antar negara?

Apa Itu satelit?

 Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya Bulan adalah satelit alami Bumi. Satelit buatan adalah satelit yang di ciptakan oleh manusia contohnya satelit PALAPA milik Indonesia, satelit pertama kali diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957 di Soviet yang bernama SPUTNIK 1. Jenis-jenis satelit ada banyak dari untuk keperluan observasi/sains sampai untuk komunikasi dan keamanan.

A.Satelit Komunikasi

Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah. Dengan Satelit komunikasi adanya kita dapat melakukan telekomunikasi dengan kerabat ataupun keluarga, dan kita bisa melakukan aktifitas berseluncur di internet dengan mudah.
B.Pemanfaatan Setelit Komunikasi Yang Salah Bisa Mengganggu Hubungan Dengan Negara Lain
  
Dengan teknologi secanggih jaman sekarang ini semua bisa dilakukan termaksud pemanfaatan teknologi pada satelit komunikasi, contohnya bila pemerintah melakukan perintah kepada bidang terkait untuk menyadap komunikasi seseorang yg berada di negara lain atau bila ada seorang cracker mencuri data-data rahasia milik suatu negara melalui internet contoh kasus wikileaks, beberapa waktu lalu penah dihebohkan dengan di sebarkannya data-data rahasia milik malaysia tentang suatu proyek di singapura yang pada akhrnya membuat hubungan kedua negara tersebut sempat bersitegang. 

No comments:

Post a Comment