Tuesday, March 13, 2012

Ratusan Warga Afghan Protes Pembantaian 16 Orang yang melanggar H.A.M oleh Tentara AS

Kabul, Ratusan orang menggelar aksi demonstrasi di Kota Jalalabad, Afghanistan timur hari ini. Mereka memprotes pembantaian yang dilakukan seorang tentara AS yang menewaskan 16 warga sipil Afghan.

Menurut sejumlah saksi mata, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (13/3/2012), sekitar 400 mahasiswa turun ke jalan-jalan untuk melakukan aksi unjuk rasa anti-Amerika. Dalam aksinya, para mahasiswa berteriak-teriak "Matilah Amerika, Matilah Obama." Massa juga menyerukan agar tentara AS pembunuh tersebut diadili di depan umum di Afghanistan.

Ini merupakan aksi demo jalanan pertama sejak pembantaian massal pada Minggu, 11 Maret lalu. Bulan lalu, sejumlah daerah di Afghanistan dilanda aksi demo massal untuk memprotes pembakaran Alquran oleh militer AS. Demo tersebut berakhir menjadi kerusuhan yang menewaskan sekitar 40 orang.

Dalam aksinya, massa membawa patung Obama dan banner-banner dengan slogan anti-AS. Mereka juga memblokir jalan utama dari Jalalabad menuju Kabul, ibukota Afghan.

"Jihad satu-satunya cara untuk mengusir agresor Amerika dari Afghanistan," demikian bunyi salah satu banner.

Demo ini terjadi menyusul seruan parlemen Afghan untuk menggelar pengadilan publik atas tentara AS tersebut. Sebelumnya Menteri Pertahanan AS Leon Panetta telah menegaskan bahwa pelaku penembakan brutal tersebut bisa diancam hukuman mati jika terbukti bersalah.

Di antara 16 korban jiwa dalam serangan tersebut, beberapa di antaranya langsung dibakar oleh pelaku. Pemerintah AS telah menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa itu dan berjanji akan menyelidiki hingga tuntas.



http://news.detik.com/read/2012/03/13/144339/1866003/1148/ratusan-warga-afghan-protes-pembantaian-16-orang-oleh-tentara-as

2 comments:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masukannya.. saya masih dalam tahap belajar

      Delete